Blogger news

Manual Plurk, biar nge-plurk jadi lebih asik.


Manual Plurk, biar nge-plurk jadi lebih asik. Perkenalan awal, Plurk adalah sebuah jejaring sosial yang memposisikan dirinya sebagai microblogging, yang artinya bisa kirim-kirim pesan bak sms. Dari sini Plurk dapat sepintas dilihat sama seperti Twitter dan Facebook Status, tapi yang menarik di Plurk adalah penggunaan timeline serta penggunaan sistem karma. Sistem karmanya sendiri memberikan motivasi kepada pengguna untuk selalu mengupdate plurknya. Setiap kenaikan karma akan diberikan hadiah berupa emoticon-emoticon tertentu.
Plurk juga mengklasifikasikan jejaringnnya dengan memisahkan Teman dan Penggemar. Plurk teman akan dapat kita lihat pada timeline kita dan sebaliknya, kecuali kalau dimatikan fungsi untuk menerima plurk teman tersebut. Sedangkan plurk penggemar tidak dapat kita lihat namun penggemar kita dapat melihat kita.
Sekilas tentang plurk, selain yang saya jelaskan diatas ada beberapa tips/rahasia-rahasia kecil yang membuat nge-plurk menjadi asik.

Bagian 1: Plurk Dasar.
Teks yang kita tulis di plurk kita bisa diformat dengan Bold, italic, underline dan sebagainya. Caranya:
  1. Untuk Bold, pergunakan tanda ** (bintang dua kali) di depan dan di belakan tulisan. Contoh: **Tulisan ini kalo di Plurk jadi tebal**
  2. Untuk Italic, pergunakan tanda * (bintang satu) di depan dan di belakang tulisan. Contoh: : *Tulisan ini kalo di Plurk jadi miring*
  3. Untuk Underline, pergunakan tanda __ (double underscore) di depan dan di belakang tulisan. Contoh: __Tulisan ini kalo di Plurk jadi bergaris bawah__
  4. Untuk memberi link pada suatu kata/kalimat, taruh kata dalam tanda kurung () sesudah link. Contoh: http://www.dwaan.com (Ini website ku) akan tampil sebagai berikut Ini website ku.
  5. Untuk memberi link kepada suatu user sekaligus menampilkan nama lengkapnya, gunakan @ (a keong) sebelum id pluker tersebut. Contoh: @dwaan akan muncul sebagai DwAN.

Bagian 2: Sistem Karma
Ini dia yang menarik dari Plurk sistem karmanya, semakin banyak kamu nge-plurk dan memberi komentar plurk orang lain semakin tinggi karma mu. Ada beberapa tips menaikkan karmamu:
  1. Posting minimal 1 hari sekali, yang terpenting jangan terlewat lebih dari 24 jam tidak ngeplurk karena Karma bisa turun kalau 1 hari tidak ngeplurk.
  2. Untuk plurker baru, update foto anda langsung mendapat tambahan karma.
  3. Untuk plurker baru lagi, mengubah layout timeline plurk anda bisa menaikkan karma juga.
  4. Terkadang plurkbuddy (dedengkot plurk) akan memberikan tambahan 2 karma tiap hari spesial.
  5. Jangan lupa beri komentar plurk orang agar mereka juga memberi komentar ke plurk anda, karena tiap plurk yang dikomentari akan memberikan kenaikan karma.
  6. Jangan terlalu banyak mengirim comment atau plurk yang sama dalam waktu yang hampir yang sama, selain bisa di marahin plurk bisa-bisa mengurangi karma juga.
Nah, setelah dijelaskan cara meningkatkan karma akan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai cara kerja sistem karma Plurk, sebagai berikut:
  1. Karma diupdate 4 jam sekali pada jam 00:00, 04:00, 08:00, 12:00, dan seterusnya.
  2. Karma anda naik sangat cepat saat anda baru-baru mendaftar, tapi akan terasa sangat lambat ketika anda mencapai 80 keatas.
  3. Mengepos 30 plurk atau lebih dalam sehari, teralu banyak ditolak menjadi teman, tidak aktif dalam waktu yang cukup lama akan mengurangi karma anda (seperti yang sepintas saya jelaskan di atas).
  4. Karma lebih dari 10 anda bisa mengganti judul timeline anda.
  5. Karma lebih dari 40 anda bisa mengganti nick name anda (nick name beda dengan id, id anda tetap tidak bisa diganti).
  6. Akan muncul emoticons baru pada saat anda mencapai karma 25, 50 dan 100.
  7. Karma tertinggi adalah 100, tapi anda harus nge-plurk agar tidak  lengser dari Plurk Nirvana (julukan jika karma anda suah mencapai 100).
Lalu, apa yang terjadi kalo saya misalnya diexport ke kutub utara dimana saya tidak mendapatkan akses internet? Gunakan karma Freeze yang ada di My Account -> Vacation Karma (Karma Freeze). Konsekuansinya adalah karma anda dikurangi 1.

Bagian 3: Emoticons
Emoticons di sini merupakan hal yang sakral di Plurk, pada awal daftar anda hanya akan diberikan beberapa emoticons yang tidak terlalu banyak, namun seiring karma anda naik emoticons anda akan bertambah seperti yang telah saya terangkan pada bagian 2. Lalu jika anda berhasil mengundang 10 teman untuk ikutan plurk via url seperti: http://www.plurk.com/dwan/invite anda akan mendapatkan tambahan emoticon juga.
Jika anda sudah nglotok ngeplurknya jangan kaget kalau tiba-tiba chatting sama orang di ym atau gtalk tiba2 anda mengeluarkan tulisan seperti berikut: (headspin), (rock), (dance), dan sebagainya. Itu tandanya ada sudah teracuni sama plurk (selamat anda telah jadi Plurk Slave).
Lalu ada emoticons hidden yang ada pada hari-hari spesial, seperti (xmas1), (xmas2), (xmas3) dan (xmas4) yang akan menampilkan emoticon bertema xmas. Selain itu saya belum menemukan hidden emoticon lainnya, saya sudah coba (lebaran1), (newyear1) dan (valentine1) dengan tidak meberikan hasil.
UPDATE: Untuk emoticons (xmas1-4) telah di tiadakan semenjak tahun baru kemarin, lalu ada tambahan emoticons (firework) dan emoticons (Русский), keduanya di ketemukan saat browsing-browsing plurk orang. Sejauh ini belom ada emoticons hidden lagi yang beredar di dunia per-Plurk-an

Bagian 4: Bagde
Selain emoticons, ada juga Badge, sesuatu yang hanya bisa dilihat saat seseorang mengunjungi timeline anda. Ada 3 buah bedge di plurk:
  1. Bagde Bintang, berarti anda telah berhasil mengundang 10 orang untuk ikutan plurk.
  2. Badge Yin Yang, berarti anda telah mencapai plurk Nirvana (karma anda lebih dari 80).
  3. Badge Superstar, berarti anda telah mendapatkan karma 100.
UPDATE: Semenjak beberapa minggu lalu, plurk menambahkan badge-bage baru, total ada 24-an badge (kalau nggak salah) selain dari bagde lama yang saya sebutkan di atas. Badge tambahannya ada semacam mengundang 10 - 50 - 100 orang, telah ngeplurk selama xxx hari, dan lain-lain.

Bagian 5: Warna Karma
Sama seperti Badge, Warna Karma hanya dapat dilihat saat orang lain mengunjungi timeline anda. Saya kurang ingat ada berapa warna tapi kalau tidak salah: karma 0-20 warna karma anda merah, 20-50 warna karma anda oranye, 50-80 warna karma anda biru dan 80-100 warna karma anda hijau. Kalu ini perlu di cek kembali kebenarannya di F.A.Q-nya plurk :D.

Sudah puas membaca manual singkat bikinan saya? silahkan mengunjungi plurk. Oh iya kalau mau meng-add saya jadi teman atau penggemar di plurk anda, id plurk saya dwan (rock). Oh iya sumber saya ambil dari ini. Ayo plurker lebih (gym).
UPDATE: Akhirnya setelah sekian lama ngeplurk, tadi pagi plurk ku telah mencapai karma 100, terima kasih semua yang telah berpartisipasi dalam Plurk-ku. Demi menjaga ke 100-an karmaku, aku akan selalu tetap mengupdate plurk ku.


0 Responses So Far: