Blogger news

Kapal Perang Rusia Singgah di Surabaya



dok: Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia



Sejumlah kapal perang Armada Pasific Rusia singgah di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya 19-22 Januari 2012. Kelompok kapal perang yang kunjungan kerja ke kota Surabaya ini terdiri dari Kapal Besar Buru Selam “Admiral Panteleev”, Kapal Penyelamat Tunda “Fotyi Krylov” dan tanker laut besar “Boris Butoma”. Komandan kelompok ini adalah Kapten I A.V.Saprykin.
"Kelompok kapal perang Armada Pasifik Rusia mengunjungi Indonesia di perjalanan pulang ke Vladivostok (Rusia) dari teluk Aden (Afrika) di mana kapal-kapal perang Rusia melaksanakan tugas pemberantasan pembajakan laut pada pantai Somalia. Kapal-kapal perang Armada Pasifik Rusia dengan sukses memenuhi tugas-tugas yang dihadapi yaitu menjamin navigasi bebas untuk kapal-kapal sipil di perairan tersebut dan ikut serta dalam penahanan kelompok pembajak laut," demikian dikatakan dalam siaran pers Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia, Senin (23/01).
Dalam siaran pers dikatakan, selama kapal-kapal ini berlabuh di Surabaya, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Alexander Ivanov, Atase Militer Rusia Vladimir Afanasenkov serta komandan kelompok kapal perang Rusia mengadakan kunjungan kehormatan kepada para komandan Armada Timur Angkatan Laut Republik Indonesia dan Wali Kota Surabaya Ir. T. Rismaharini.
Telah diselenggarakan juga pertemuan dengan para komandan Pangkalan Angkatan Laut Indonesia di Surabaya, para anggota divisi infanteri laut, wakil-wakil perguruan militer Surabaya dan otoritas kota. Kapal-kapal perang Armada Pasifik Rusia dikunjungi oleh beberapa kelompok mahasiswa Indonesia dan penduduk setempat.
Di sela keberadaan kapal-kapal perang Armada Pasifik Rusia di Surabaya dilaksanakan latihan bersama antibajak laut. Dalam rangka latihan tersebut kelompok-kelompok infanteri laut Rusia dan Indonesia telah membebaskan sebuah kapal niaga. Selain itu, diselenggarakan latihan bersama bermanuver dan komunikasi.


0 Responses So Far: